NETWORKING FUNDAMENTAL PART 2 - Layer TCP/IP




Transmission Control Protocol/Internet Protocol atau disingkat TCP/IP adalah standar komunikasi data atau protocol yang digunakan dalam internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lainnya. Protokol TCP/IP dikembangkan pada tahun 1970 hingga 1980 oleh Defense Advance Research projects Agency (DARPA).

NO
NAMA
5
APPLICATION
4
TRANSPORT
3
NETWORK
2
DATA LINK
1
PHYSICAL

Layer TCP/IP


Menurut dokumen RFC 1122 model lapisan protocol TCP/IP terdiri dari empat lapisan. Tidak seperti model OSI model TCP/IP bukan standar internasional sehingga banyak sumber yang menambahkan lapisan fisik di dalam model TCP/IP. Model TCP/IP antara lain sebagai berikut :
§  Layer 5 Application
Layer ini bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan.
§  Layer 4 Transport
Layer ini bertanggung jawab menjamin data akan sampai dan berurutan ke tujuan.  Jika ada data yang hilang, maka layer ini menyediakan mekanisme untuk meminta dan mengirim data ulang.
§  Layer 3 Network
Layer ini bertanggung jawab mengatur perjalanan paket dari melewati banyak jaringan dengan berbagai media fisik yang berbeda. Informasi yang diberikan hanya IP address sumber dan tujuan.
§  Layer 2 Data Link
Layer ini bertanggung jawab mengatur komunikasi antara dua komputer yang menggunakan saluran fisik yang sama.
§  Layer 1 Physical
Layer ini bertanggung jawab menyalurkan data dari satu titik ke titik lain secara fisik.

NETWORKING FUNDAMENTAL PART 2 - Layer TCP/IP NETWORKING FUNDAMENTAL PART 2 - Layer TCP/IP Reviewed by andre septian on Selasa, April 21, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.