NETWORKING FUNDAMENTAL PART 1 - Layer OSI



7 LAYER OSI

Open System Interconection atau disingkat OSI adalah sebuah model yang digunakan untuk membantu desainer jaringan dalam memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Layer OSI adalah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh Badan International Organization of Standardization (ISO) di wilayah Eropa pada tahun 1977.

NO
NAMA
DATA
DEVICE
7
APPLICATION
DATA
SOFTWARE
6
PRESENTATION
DATA
SOFTWARE
5
SESSION
DATA
SOFTWARE
4
TRANSPORT
SEGMEN
SOFTWARE
3
NETWORK
PAKET
ROUTER
2
DATA LINK
FRAME
SWITCH
1
PHYSICAL
BIT
HUB

Layer OSI

Model OSI secara konseptual terbagi ke dalam tujuh lapisan dimana masing-masing lapisan memiliki fungsi jaringan yang spesifik.
Berikut adalah tujuh layer OSI :
§  Layer 7 Application
Layer ini menyediakan layanan untuk aplikasi pengguna, selain itu layer ini bertanggungjawab terhadap pertukaran informasi antara program komputer. Data pada layer ini berbentuk data.
§  Layer 6 Presentation
Layer ini menyediakan layanan pengkonversian dan pemformatan data sebelum di transfer. Layer ini membentuk kode konversi, kode translasi, dan enkripsi. Data pada layer ini berbentuk data.
§  Layer 5 Session
Layer ini menentukan bagaimana dua terminal menjaga, memelihara, dan mengatur koneksi agar saling berhubungan satu sama lain. Data pada layer ini berbentuk data
§  Layer 4 Transport
Layer ini membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi logika “end-to-end” antar terminal, dan menyediakan penanganan error.
Layer ini juga bertanggung jawab mencari jalur (routing) yang
kosong untuk transmisi data. Data pada layer ini berbentuk segmen.
§  Layer 3 Network
Layer ini menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan, dan menjaga antrian trafik di jaringan. Data pada layer ini berbentuk paket dan perangkat yang ada pada layer network adalah router. Pada Layer ini pengalamatan yang digunakan dalam bentuk desimal seperti 192.168.1.0.
§  Layer 2 Data Link
Layer ini menyediakan link untuk data, memaketkan data menjadi frame yang berhubungan dengan hardware, komunikasinya dengan kartu jaringan, mengatur komunikasi layer physical antara sistem koneksi dan penanganan error. Data pada layer ini berbentuk frame dan perangkat yang ada pada layer ini adalah switch. Pada layer ini pengalamatan yang digunakan dalam bentuk heksadesimal seperti A1-B2-C3-D3-E4-88.
§  Layer 1 Physical
Leyer ini bertanggung jawab terhadap proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media dan menjaga koneksi fisik antar sistem. Data pada layer ini berbentuk bit dan perangkat yang ada pada layer ini adalah hub kabel kabel jaringan. Pada layer ini pengalamatan yang digunakan dalam bentuk biner seperti 11110000.

NETWORKING FUNDAMENTAL PART 1 - Layer OSI NETWORKING FUNDAMENTAL PART 1 - Layer OSI Reviewed by andre septian on Selasa, April 21, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.