6 Basis Data - latihan Menemukan Entitas (Metode Menemukan Entitas)

1. Metode Menemukan Entitas
Entitas adalah obyek yang mewakili sesuatu dalam dunia nyata dan dapat dibedakan antara satu dengan lainnya (unique).Setiap entitas memiliki beberapa atribut yang mendeskripsikan karakteristik dari objek tersebut. Adapun prosedur atau langkah-langkah yang seharusnya dilakukan untuk menemukan atau mendefinisikan Entitas dalam suatu sistem data base adalah sebagai berikut :
 
1. Buat ilustrasi atau gambaran cerita (role of bussiness) tentang sistem yang akan dicari entitasnya.
 
2. Tandai setiap objek yang diwakili oleh kata benda yang ada di dalam ilustrasi tersebut.
 
3. Untuk setiap objek tersebut yakinkan bahwa ia memiliki karakteristik yang nanti disebut sebagai atribut.

4. Tentukan objek yang merupakan entitas (Jika memang ia memiliki karakteristik jadikan ia sebagai entitas)
 
5. Menggambarkan entitas beserta atributnya menggunakan notasi simbol yang telah ditentukan.


2. Prosedur menemukan Entitas
Pernyataan dibawah ini menjelaskan salah satu contoh langkah-langkah yang dilakukan untuk menemukan atau mengidintifikasi entitas dengan kasus sistem basis data di perusahaan A. Prosedur untuk menemukan entitas tersebut adalah sebagai berikut:

1. Langkah 1: Membuat gambaran cerita tentang sistem kepegawaian di suatu perusahaan A.

Perusahaan A memiliki 100 pegawai. Setiap pegawai dipimpin pengawas/mandor dari pegawai perusahaan itu sendiri dan tidak semua pegawai memimpin pegawai yang lain, sehingga satu pengawas dapat memimpin beberapa pegawai. Setiap pegawai bekerja untuk suatu departemen dan dalam suatu departemen dapat terdiri dari beberapa pegawai. Setiap departemen dikepalai oleh seorang pegawai yang bekerja mulai tanggal tertentu. Sebuah departemen dapat berada di beberapa lokasi. Selain bekerja di suatu departemen pegawai dapat bekerja pada beberapa proyek. Setiap proyek dikendalikan/diatur oleh suatu departemen, namun suatu departemen tidak harus mengendalikan/mengatur proyek. Satu departemen dapat mengendalikan beberapa proyek dan satu proyek hanya dikendalikan oleh satu departemen Satu proyek dapat terdiri dari beberapa pegawai. Untuk keperluan penggajian perusahaan memerlukan data tanggungan pegawai. Seorang pegawai dapat menanggung beberapa tanggungan. Jika seorang pegawai pindah maka datanya akan dipindahkan / dihapus berikut data tanggungan / keluarganya.

2. Langkah 2. Menandai pada soal cerita diatas setiap objek yang diwakili oleh kata benda yang ada di dalam ilustrasi tersebut.


Perusahaan A memiliki 100 pegawai. Setiap pegawai dipimpin pengawas/mandor dari pegawai perusahaan itu sendiri dan tidak semua pegawai memimpin pegawai yang lain, sehingga satu pengawas dapat memimpin beberapa pegawai. Setiap pegawai bekerja untuk suatu departemen dan dalam suatu departemen dapat terdiri dari beberapa pegawai. Setiap departemen dikepalai oleh seorang pegawai yang bekerja mulai tanggal tertentu. Sebuah departemen dapat berada di beberapa lokasi. Selain bekerja di suatu departemen pegawai dapat bekerja pada beberapa proyek. Setiap proyek dikendalikan/diatur oleh suatu departemen, namun suatu departemen tidak harus mengendalikan/mengatur proyek. Satu departemen dapat mengendalikan beberapa proyek dan satu proyek hanya dikendalikan oleh satu departemen.Satu proyek dapat terdiri dari beberapa pegawai. Untuk keperluan penggajian perusahaan memerlukan data tanggungan pegawai. Seorang pegawai dapat menanggung beberapa tanggungan. Jika seorang pegawai pindah maka datanya akan dipindahkan / dihapus berikut data tanggungan atau keluarganya


3. Langkah 3: Untuk setiap objek tersebut yakinkan bahwa ia memiliki karakteristik yang nanti disebut sebagai atribut. Sehingga kita menemukan entitas dan kemungkinan atributnya adalah sebagai berikut :

Kandidat Entitas: kandidiat Atribut, kandidat atribut....
 Perusahaan: NoPerusahaan, nama, alamat
 Pengawas:NoKTP, Nama, Alamat, Jenis kelamin,gaji
 Lokasi : Lokasi
 Pegawai: NoKTP, Nama, Alamat, Jenis kelamin,gaji
 Departemen: Nomor, Nama, lokasi, jumlah pegawai
 Proyek: Nomor, nama, lokasi
Tanggungan: nama, jenis kelamin, tanggal lahir, hubungan dengan pegawai


4. Langkah 4: Tentukan objek yang merupakan entitas (Jika memang ia memiliki karakteristik jadikan ia sebagai entitas)


Entitas: Atribut1, atribut2, atribut3,... entitas / bukan entitas
a) Perusahaan: NoPerusahaan, nama, alamat (hanya berisi satu baris data)  bukan entitas
b) Pegawai: NoKTP, Nama, Alamat, Jenis kelamin,gaji  entitas kuat
c) Pengawas:NoKTP, Nama, Alamat, Jenis kelamin,gaji  sama dengan entitas Pegawai
d) Departemen: Nomor, Nama, lokasi, jumlah pegawai  entitas kuat
e) Lokasi : lokasi (karakteristiknya departemen, tidak memiliki karakteristik lain (unik))  bukan entitas
f) Proyek: Nomor, nama, lokasi  entitas kuat
g) Tanggungan: Nama, jenis kelamin, tanggal lahir, hubungan dengan pegawai merupakan entitas lemah karena keberadaannya tergantung dari entitas kuat pegawai.

3. Prosedur Menemukan atribut.
Atribut adalah merupakan sifat-sifat atau karakteristik pada suatu entitas. Nama atribut ini identik dengan nama kolom atau field pada suatu tabel dalam basis data. Atribut dapat dibedakan menjadi beberapa macam antara lain adalah:
1. Simple Attribute dan Composite Attribute
2. Single Valued Attribute dan Multi Valued Attribute
3. Mandatory Attribute
4. Derived Attribute (Attribut Turunan)
5. Key Attribute (Atribut Kunci)
 
Adapaun untuk menemukan atribut dpat dilakukan melalui langkah-langkah dibawah ini yaitu:
1. Tentukan dan lengkapi karakteristik dari tiap-tiap entitas
2. Dari setiap karakteristik tersebut tentukan termasuk atribut apa













Gambar 24. Gambar entitas proyek dan entitas tanggungan beserta atributnya








6 Basis Data - latihan Menemukan Entitas (Metode Menemukan Entitas) 6 Basis Data - latihan Menemukan Entitas (Metode Menemukan Entitas) Reviewed by Argasoka Herbal on Rabu, Agustus 01, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.