20 Jenis-Jenis Madu dan Manfaatnya Bagi Tubuh


Madu merupakan salah satu makanan tertua yang pernah ditemukan di dunia, lho. Lebih dari 300 jenis madu ada di seluruh dunia dari sumber bunga dan lokasi yang berbeda. Indonesia sendiri memiliki banyak jenis madu asli yang hanya ada di Tanah Air, lho.

Jika kamu adalah pencinta madu, tetapi baru mencoba satu atau dua jenis madu saja, kamu wajib coba jenis madu khas Indonesia lainnya yang tidak kalah dari jenis madu dari luar negeri. Kenali ragam jenis madu asli Indonesia di bawah ini!

Kamu pasti sudah tahu bahwa madu adalah produk alami dari hewan bernama lebah madu. Lebah madu mengumpulkan nektar, memasukkannya ke dalam sel-sel sarang berbentuk hexagonal, ditutup dengan lilin lebah, terjadi fermentasi, kadar airnya menurun, lalu jadilah madu. Jadi, madu berasal madu dari nektar tumbuhan.

Sedangkan tumbuhan dan bunga pun bermacam-macam jenisnya. Nektar dari bunga satu dan lainnya pasti memiliki karakteristik berbeda, baik dari segi zat, aroma dan warna. Oleh karena itu, madu yang dihasilkan pun akan berbeda-beda menurut jenis nektar bunga yang dihisap oleh lebah.


Jadi, tidak mengherankan bila kamu mendapati warna madu berbeda-beda mulai dari putih, cokelat, kuning, coklat kekuningan, hingga hitam. Kejernihannya pun bermacam-macam dari yang sangat bening, keruh, ada juga yang membentuk kristal lembut.


Jenis-Jenis Madu Alami Indonesia:
Madu digolongkan menjadi dua macam menurut sumber nektar yang diambil oleh lebah yaitu madu uniflora dan multiflora.

Jenis Madu Multiflora
Madu Multiflora adalah madu yang dihasilkan oleh lebah dengan mengumpulkan nektar lebih dari satu jenis tumbuhan. Salah satu contoh madu multiflora adalah madu hutan. Lebah menyebar ke penjuru hutan, lalu mengambil nektar berbagai jenis bunga yang mekar dan mengumpulkannya di sarang. Oleh karena itu disebut madu multiflora.

Jenis Madu Uniflora
Madu Uniflora adalah madu yang dihasilkan oleh lebah dengan mengumpulkan nektar dari satu jenis tumbuhan saja. Pada umumnya madu jenis ini dihasilkan oleh lebah ternak atau budidaya. Dimana peternak lebah memang membuat ladang khusus tanaman satu jenis sebagai pakan lebah. Sehingga, madu yang dihasilkan adalah madu dengan nektar satu jenis tumbuhan. Biasanya madu ini dinamai dengan sebutan bunganya misalnya madu kopi, kelengkeng, manuka, dan lainnya.

1. Madu Kelengkeng
Madu kelengkeng adalah madu yang dihasilkan dari nektar bunga kelengkeng. Madu kelengkeng disebut-sebut sebagai madu kelas satu. Dimana madu kelengkeng beraroma wangi dan unik, rasa manis tidak enek, berwarna kuning bening kecoklatan, dan memiliki banyak manfaat.



Produksi madu kelengkeng di Indonesia sangat terbatas. Jadi, jika Anda ingin mencicipi rasanya dan menikmati manfaatnya bisa membeli di NectarStory, perusahaan madu asli di Indonesia yang telah tersertifikasi.

Madu kelengkeng merupakan madu yang dihasilkan dari lebah-lebah yang berada di kawasan hutan yang didominasi oleh pohon kelengkeng. Jenis madu ini punya ciri rasa manis yang khas dan lebih gurih dibanding macam madu lainnya.

Madu dengan rasa enak ini punya banyak khasiat bagi kesehatan, yaitu asam amino, zinc, zat besi, kalium, serta beragam vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin B3.


2. Madu Kopi
Seperti namanya, madu kopi adalah madu ternak yang dihasilkan dari nektar bunga kopi dari lebah madu yang diternakkan di perkebunan kopi. Madu kopi memiliki aroma yang khas, yaitu manis dan sekilas juga tercium aroma kopinya.






Madu kopi adalah madu yang dikumpulkan oleh lebah dari nektar bunga kopi. Madu kopi memiliki ciri cenderung berwarna coklat tua kehitaman.


Madu bunga kopi kaya akan zat hidrat arang, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

3. Madu Kapuk
Madu kapuk adalah madu dari nektar bunga kapuk. Dimana tanaman kapuk lebih mudah ditemukan di Indonesia. Madu kapuk atau disebut madu randu memiliki rasa manis sedikit asam.

4. Madu Bunga Karet
Bunga karet banyak ditemukan di perkebunan karet. Biasanya madu jenis ini memang sengaja di ternak di daerah perkebunan karet. Sehingga lebah madu mengambil nektar dari bunga karet.

5. Madu Hitam
Madu hitam ini sering disebut bitter honey. Ini dikarenakan rasanya yang sedikit pahit. Madu hitam di Indonesia ini banyak dihasilkan dari sarang lebah yang mengambil nektar dari pohon mahoni.

6. Madu Sumbawa Putih
Wah belum pernah tahu madu berwarna putih? Madu sumbawa putih memang jarang sekali ditemukan karena kelangkaannya. Namun, produk madu sumbawa putih ini diketahui menjadi maskot madu dari daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Menurut Detik Travel, madu putih berasal dari lebah yang hidup di dekat sarang burung walet dan terumbu karang putih.

7. Madu Rambutan
Madu rambutan adalah madu yang didapatkan dari nektar bunga pohon rambutan. Perkebunan rambutan banyak dibudidayakan di daerah Sumatera Utara.


8. Madu Kaliandra
Madu kaliandra yang berasal dari nektar bunga kaliandra adalah salah satu jenis madu Indonesia yang paling populer. Madu bunga kaliandra biasanya dikonsumsi untuk alasan kesehatan seperti susah buang air besar dan untuk tekanan darah tinggi, maupun rendah.


Madu kaliandra banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi Indonesia. Dimana tanaman kaliandra banyak dan tumbuh subur di sana. Madu kaliandra memiliki ciri berwarna kuning cerah.

9. Madu Kelulut
Madu kelulut adalah madu yang dihasilkan oleh jenis lebah kecil yang tak bersengat. Madu ini memiliki warna kuning keemasan dan rasa yang agak asam. Madu ini lebih banyak dibudidayakan di Kalimantan.

10. Madu Hutan

Sering mendengar atau membeli madu beralabel “madu hutan”? Madu hutan berarti madu yang didapatkan bukan dari proses ternak. Tapi, madu yang diperoleh dari mencari madu liar di dalam hutan. Biasanya produk madu hutan memiliki jumlah sangat terbatas, sehingga memang agak sulit mendapatkan madu tersebut.

Selain madu kaliandra, madu hutan Sumatera adalah salah satu jenis madu yang paling populer di Indonesia. Madu ini biasanya adalah madu yang paling umum dijual di supermarket dan tempat lainnya. Madu ini juga sangat populer dibeli masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri.


11. Madu Pelawan
Madu pelawan dikenal juga sebagai madu pahit bangka. Karena rasanya yang agak pahit. Madu ini dihasilkan oleh lebah apis dorsata yang menghisap nektar dari bunga pohon pelawan.

12. Madu Tawon Gung
Madu tawon gung ini adalah sebutan bahasa jawa dari lebah jenis Apis Dorsata. Dinamakan tawon gung karena lebah ini besar dan bersifat galak. Lebah ini menghasilkan madu multiflora. Ciri madu multiflora adalah tidak dapat ditebak rasanya karena akan berbeda dari hutan satu dengan hutan lain. Karena berasal dari hutan, madu ini biasanya lebih encer dan cepat mengalami fermentasi. Sehingga perlu cara khusus untuk menyimpannya.

13. Madu Trigona (Klanceng)
Madu klanceng ini termasuk madu multiflora yang didapatkan dari berbagai nektar bunga yang ada di hutan. Madu klanceng didproduksi oleh lebah lanceng berbahsa latin trigona sp. Lebah lanceng tidka memiliki sengat. Madu ini memiliki rasa asam dan keras.


Madu alami bukanlah produk yang dibuat oleh pabrik. Madu alami adalah cairan manis yang ada pada sarang madu, berasal dari nektar bunga. Sehingga, rasa dari madu pun beraneka macam tergantung jenis nektar bunga yang dihisap oleh lebah. Perbedaan ini juga berlaku pada warna, aroma, dan rasa madu itu sendiri.

Jika, Anda menginginkan rasa madu yang unik di lidah, manis, tapi tidak membuat enek, cobalah madu kelengkeng NectarStory. Madu kelengkeng NectarStory adalah madu alami, asli, dan murni yang memiliki rasa berbeda dengan madu lain. Coba rasanya dan bedakan dengan madu yang biasa kamu beli. Madu asli memiliki rasa alami yang tidak dimiliki oleh madu campuran atau palsu.


14. Madu Pahit Bangka
Madu pelawan atau yang lebih dikenal dengan sebutan madu pahit Bangka adalah madu yang bersunber dari lebah liar Apos dosata yang menghisap sari bunga pohon pelawan. Yang membuat madu ini unik adalah pohon pelawan ini merupakan pohon langka yang hanya ada di Pulau Bangka, Sumatera.

15. Madu Tawon Gung
Madu tawon gung termasuk salah satu madu termahal karena madunya yang jarang dan sulit ditemukan. Tidak banyak orang yang sudah menternakkan tawon untuk madunya di gunung, jadi harganya yang mahal ialah karena madu yang langka dan sulit didapat.

Tawon liar tersebut menghasilkan madu berwarna kehitaman. Madu ini sering digunakan untuk memasak, tambahan pada minuman, bahkan sebagai bahan dasar kosmetik.

16. Madu Hutan Timor
Madu hutan timor adalah madu yang umumnya dibeli sebagai oleh-oleh para wisatawan yang datang ke daerah Nusa Tenggara Timur pada saat liburan. Madu ini memiliki kualitas terbaik ke-3 di dunia setelah Yunani dan Australia, diambil dari pepohonan tinggi di pedalaman pulau Timor.



17. Madu Randu
Madu randu merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah penghisap nektar bunga randu dengan rasa khasnya yang manis dan sedikit asam. Selain itu, madu randu memiliki warna cokelat terang. Seperti madu pada umumnya, khasiatnya sudah tak diragukan lagi!



18. Madu Hutan Sumbawa
Madu ini berasal dari lebah liar penghisap nektar bunga di hutan daerah Sumbawa. Tempat bersarangnya lebah penghasil madu Sumbawa tersebut pada umumnya yaitu pohon bidara atau ziziphus mauritiana. Madu ini memiliki kadar air yang lebih rendah dibanding madu lain karena daerah sumbawa termasuk daerah yang memiliki iklim yang cukup panas dan kering.



19. Madu Bunga Karet
Seperti namanya, madu ini merupakan madu yang dihasilkan dari lebah yang menghisap nektar dari bunga pohon karet. Madu ini punya karakter warna transparan kuning kecokelatan, manis, tanpa kecut dan cenderung harum.


Madu ini berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tak gampang sakit, menyembuhkan alergi, menyembuhkan luka bakar, dan mengatasi gatal-gatal pada kulit.

20. Madu Embun
Sedikit berbeda dengan madu pada umumnya, madu embun atau honeydew berasal dari beberapa jenis serangga yang biasanya menghisap cairan milik tumbuhan. Meski mirip nektar, namun sebenarnya ini lebih kaya akan mineral. Biasanya, lebah mengumpulkan honeydew jika nektar bunga tak lagi mencukupi kebutuhan mereka.



Setelah mengenal ragam jenis madu asli Indonesia, kira-kira jenis madu manakah yang paling menarik dan ingin kamu coba? Konsumsi madu alami secara teratur dapat membuahkan hasil yang optimal dan juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan dari manapun asal madunya.

Yuk, mulai konsumsi madu murni dari sekarang dan dapatkan dengan harga termurah di Tokopedia!

Cek Toko Kami disini 

https://www.tokopedia.com/argasoka





20 Jenis-Jenis Madu dan Manfaatnya Bagi Tubuh 20 Jenis-Jenis Madu dan Manfaatnya Bagi Tubuh Reviewed by andre septian on Selasa, April 28, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.