Pemograman Berorientasi Objek (Pertemuan 1)


Pertemuan 1 


Metodologi Berorientasi Objek 




Metodologi berorientasi objek adalah suatu strategi pembangunan perangkat lunak yang mengorganisasikan perangkat lunak sebagai kumpulan objek yang berisi data dan operasi yang diberlakukan terhadapnya. Metodologi berorientasi objek merupakan suatu cara bagaimana sistem perangkat lunak dibangun melalui pendekatan objek secara sistematis. Metode berorientasi objek didasarkan pada penerapan prinsip-prinsip pengelolaan kompleksitas. Metode berorientasi objek meliputi rangkaian aktivitas analisis berorientasi objek, perancangan berorientasi objek, pemrograman berorientasi objek. dan pengujian berorientasi objek.

Berikut ini adalah beberapa istilah tentang metodologi berorientasi objek:

Kelas(class)
Kelas adalah kumpulan objek-objek dengan karakteristik yang sama. Kelas merupakan definisi statik dan himpunan objel yang sama yang mungkin lahir atau diciptakan dan kelas tersebut. Sebuah kelas akan mempunvai sifat (atribut), kelakuan (operasi/metode), hubungan (relationship) dan arti suatu kelas dapat diturunkan dan kelas yang lain, dimana atribut dan kelas semula dapat diwariskan ke kelas yang baru Secara teknis, kelas adalah sebuah struktur tertentu dalam pernbuatan perangkat lunak. Kelas merupakan bentuk struktur pada kode program yang menggunakan metodobgl berorientasi objek. Ilustrasi dari sebuah kelas dapat dilihat pada gambar berikut
Pemograman Berorientasi Objek (Pertemuan 1) Pemograman Berorientasi Objek (Pertemuan 1) Reviewed by Argasoka Herbal on Senin, Agustus 20, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.